Berkenalan dengan Hugo
icon-hugo

⛾ Home ─ hugo Jumat, 07 Oktober 2022 (Diupdate: Kamis, 19 Januari 2023) - 📗 2 Menit

Disini kita akan memulai pembelajaran mulai dari mencari tau apa itu hugo, histori, serta fungsinya untuk apa. Kita juga perlu tau, keunggulan dan kekurangan menggunakan hugo.

Apa itu Hugo?

Hugo adalah sebuah framework atau kerangka kerja yang digunakan untuk membangun sebuah website atau blog statis.

Awalnya hugo dibuat oleh Steve Francia pada tahun 2013 sebagai proyek sumber terbuka, kemudian mulai versi v0.14 (sekitar tahun 2015), proyek ini dilanjutkan oleh Bjørn Erik Pedersen (bukan Bjorka yah 😄) dan timnya.

Hugo adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuat situs statis atau umumnya disebut SSG (static site generator), Lihat penjelasan tentang SSG dibawah atau klik link ini.

Sebenarnya ada cukup banyak framework atau alat yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah situs statis.

Diantaranya yang populer seperti Jekyll, Middleman, Octopress, Gatsby, Next.js dan masih banyak lagi. Dari sekian framework yang tadi saya sebutkan, saya memilih menggunakan framework hugo.

Terdapat beberapa alasan logis mengapa saya memilih framework ini dibandingkan framework lainnya.

Saya akan menyebutkan keunggulan dan kekurangan dari framework hugo yang saya pilih ini.

Keunggulan Hugo:

  • Dibuat menggunakan bahasa Go / Golang (salah satu bahasa pemrograman yang populer dan dikenal dengan kecepatan dan syntax yang mudah).
  • Dokumentasinya yang jelas dan lengkap.
  • Proses build yang sangat cepat karena dibuat menggunakan bahasa Go.
  • Tidak perlu alat tambahan untuk menjalankannya.
  • Komunitasnya yang besar (lebih mudah mencari informasi jika terdapat error).

Kekurangan Hugo:

  • Harus membuat file yang sesuai dengan jalur yang diberikan hugo dan harus menggunakan command line atau baris perintah (ini bisa juga termasuk keunggulan hugo, karena membuat situs lebih mudah dikelola karena memiliki struktur yang ketat).

Apa itu SSG?

Static Site Generator atau disingkat SSG adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan situs berupa HTML, CSS, JAVASCRIPT murni berdasarkan data mentah atau template yang sudah dibuat sebelumnya.

Maksud dari HTML, CSS, Javascript murni disini adalah situs yang berjalan tanpa menerima pemrosesan konten dari sisi klien atau pengunjung situs.

Intinya, SSG ini adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan situs versi paling sederhana karena hanya menampilkan data tetap dari HTML, CSS, dan Javascript yang kita buat.

Generator SSG tidak terbatas pada HTML, CSS, dan Javascript. Salah satu contohnya adalah generator hugo yang dibangun menggunakan bahasa Go atau Golang.

Hasil akhir dari semua generator situs statis tetap sama, yaitu HTML, CSS, Javascript dan sedikit tambahan file jenis lainnya seperti xml, dll.

Situs ini sendiri dibangun menggunakan hugo. Mulai dari struktur hingga manajemen kontennya.

Selain itu, situs yang dibuat menggunakan SSG relatif lebih aman karena yang ditampilkan kepada pengguna hanyalah HTML, CSS, dan Javascript.

Tanpa menggunakan database dan server yang selalu menerima request atau permintaan dari sisi klien di situs.

Kategori: Hugo

captcha-img